Kumpulan Tips Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui yang Aman

Siapapun pasti menginginkan berat badan yang ideal, baik wanita maupun laki-laki. Selain rutin berolahraga, berat badan ideal juga bisa diwujudkan dengan melakukan diet sehat. Namun tahukah anda, diet sehat juga sering dilakukan oleh ibu menyusui. Seperti yang diketahui, setelah melahirkan dan memasuki masa menyusui, seorang ibu umumnya memiliki berat badan yang berlebih. Untuk mengatasinya, diperlukan program diet sehat untuk ibu menyusui yang aman.

Kumpulan Tips Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui yang Aman

Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

Diet sehat bukan berarti mengurangi porsi makanan, melainkan mengurangi makanan yang mengandung zat penambah berat badan dan menambah nutrisi makanan. Berikut tips diet sehat untuk ibu menyusui selengkapnya.

Konsumsi Ikan yang Kaya Omega 3

Salah satu tips diet sehat untuk ibu menyusui ialah mengonsumsi ikan yang kaya akan omega 3. Kandungan omega ini mampu mengurangi kecemasan serta rasa lelah setelah melewati proses persalinan. Adapun beberapa jenis ikan yang kaya akan omega 3 dan disarankan untuk ibu menyusui ialah ikan salmon, ikan lele, ikan nila, ikan tuna, kerang, dan udang.

Cukupi Asupan Protein

Selain mengonsumsi ikan yang kaya dengan kandungan omega 3, anda juga harus mencukupi asupan protein yang dibutuhkan tubuh. Protein mampu memastikan penguatan otot bayi serta memberikan energi dan kekuatan yang diperlukan anda. Jika anda kurang asupan protein, maka anda akan mudah merasa lelah. Hal ini tentu saja mempengaruhi pasokan ASI yang dibutuhkan oleh bayi anda.

Hindari Minuman Berkafein

Minuman yang didalamnya terdapat kandungan kafein dapat menyebabkan penumpukan zat kafein di dalam tubuh bayi. Kafein dapat berubah menjadi racun saat menumpuk dalam tubuh. Hal ini tentu saja sangat membahayakan, khususnya bagi kesehatan hati dan ginjal. Adapun beberapa minuman yang mengandung kafein diantaranya yaitu kopi, coklat, dan teh. Jikalau tak bisa menghindari sepenuhnya, alangkah baiknya mengurangi minuman berkafein tersebut.

Gandum Utuh Setiap Hari

Jika dibandingkan dengan mengkonsumsi beras, alangkah baiknya anda mengonsumsi olahan gandum ataupun tepung lainnya. Sebut saja biji-bijian dan sereal. Gandum bisa memberikan pelepasan lambat karbohidrat yang baik, dimana termasuk zat yang dibutuhkan tubuh dalam menghasilkan energi. Tak hanya itu, gandum utuh juga bentuk alami dari pati serta gula jika dibandingkan yang diolah.

Konsumsi Tiga Warna Sayur

Ibu menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi banyak sayuran yang berwarna. Setidaknya dua sampai tiga warna sayuran. Sayuran berperan penting dalam menyumbangkan vitamin serta mineral. Tak hanya itu, sayuran juga kaya akan kandungan air sehingga bisa mencukupi kebutuhan air anda. Misalnya, campuran warna sayuran kuning dan sayuran hijau yang terbukti sangat menyehatkan. Adapun sayuran yang disarankan seperti halnya bayam, jagung manis, brokoli, kembang kol, wortel, kale, dan asparagus.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *