Air Terjun Lembah Pelangi, Wisata Alam Bertingkat di Lampung

Indonesia kaya akan wisata alam yang sayang jika tak anda kunjungi. Adapun salah satu wisata alam yang sangat recommended untuk anda kunjungi ialah air terjun Lembah Pelangi. Kawasan wisata air terjun ini termasuk objek wisata baru di Lampung yang diketahui pada pertengahan tahun 2015. Air terjun ini sangat populer di kalangan anak muda. Terlebih lagi, akses jalan menuju kawasan wisata air terjun ini cukup mudah dilalui.

Air Terjun Lembah Pelangi, Wisata Alam Bertingkat di Lampung

Lokasi dan Rute Air Terjun Lembah Pelangi

Air terjun ini bisa anda temukan di Sukamaju, Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Kawasan wisata alam ini bisa ditempuh dari Bandar Lampung dengan motor selama 3-4 jam. Dari Kota Bandar Lampung, anda bisa langsung menuju ke arah Kabupaten Tanggamus. Nantinya anda akan melewati kabupaten Pesawaran, Pringsewu kemudian ke kabupaten Tanggamus. Sesudah anda tiba di Kabupaten Tanggamus hingga di kota kabupatennya yakni Kota Agung, namun hentikan perjalanan cukup di Kecamatan Talang Padang.

Dari Kecamatan Talang Padang, anda hanya perlu mencari rute jalan ke Bendungan PLTA Batutegi. Setelah anda masuk arah jalan tersebut sampai menemukan pertigaan antara ke Batutegi dan Ulu Belu, anda ambil arah ke Ulu Belu. Perjalanan selanjutnya, anda terus ikuti jalan utama selama 1 jam dengan kondisi jalan menanjak dan berliku sebab menaiki gunung. Kemudian jalan terus melewati danau Hijau serta PLTU Ulu Belu, lalu terus jalan ke Desa Suka Damai atau arah Desa Ngarip. Sesampainya di desa tersebut, anda hanya perlu tanya ke warga arah jalan Air Terjun Lembah Pelangi.

Wisata Air Terjun Lembah Pelangi

Saat anda mengunjungi air terjun Lembah Pelangi di musim liburan, anda akan disambut oleh sekelompok anak muda yang bergantian memeragakan bela diri Kuntau Semendo. Selain itu, anda juga bisa melihat tarian menginjak piring yang dilakukan oleh remaja putri, yakni tarian Kuadai namanya. Secara bergantian penari nantinya membawakan piring di atas kedua ibu jari dan melenggak-lenggok menginjak piring yang berjajar. Tarian tersebut diiringi oleh nyanyian ibu-ibu.

Penamaan Lembah Pelangi itu sendiri bukan tanpa alasan. Saat siang hari, air terjun ini memang memiliki pelangi akibat percikaan embun dan terik mataharinya. Sekilas air terjun ini mirip dengan air terjun Grojokan Sewu. Air terjun Lembah Pelangi ini memiliki banyak keunikan. Hal yang pertama, air terjun ini terdiri dari 3 air terjun. Selain itu, air terjun pada tingkatan bawah disebut dengan air terjun panas.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lembah Pelangi

Kawasan wisata alam air terjun Lembah Pelangi bisa anda kunjungi dengan membayar retribusi tiket masuk dengan tarif Rp. 5.000. Harga tiket masuk yang murah tentunya mengingat air terjun ini sangat cantik dan mempesona.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *